Judul: Berbagi Info Seputar Cara mengatasi oli mesin tercampur solar Full Update Terbaru
link: Cara mengatasi oli mesin tercampur solar
Artikel Terbaru Cara mengatasi oli mesin tercampur solar Update Terlengkap 2017
Sobat blogger, saat kita sadar oli mesin kita telah tercampur solar. Pasti akan timbul kekhawatiran yang bermacam-macam akan dampak yang ditimbulkan maupun kerusakan-kerusakan yang memicu tercampurnya bahan bakar ke dalam oli. Saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi oli mesin tercampur solar pada artikel ini.
Bagi yang sudah pernah membaca postingan saya terdahulu mengenai tercampurnya solar dan oli mesin pasti sudah paham tentang penyebab-penyebabnya. Silahkan dibaca bagi yang belum tahu, dan silahkan mengulang bila sobat ingin lebih memahaminya. Monggoo...
Langsung kita ke penyebab-penyebab dan cara mengatasinya sob
NOSEL
Paling ringan adalah tekanan yang rendah dan cara menanganinya tinggal diset ulang ke tekanan seharusnya atau standar. Lalu kehilangan tekanan, hal ini bisa terjadi karena nosel memang sudah dalam kondisi terburuknnya (harus diganti) dan bisa juda hanya karena nosel kotor ataupun berkerak. Jika hanya karena faktor kerak atau kotoran masih bisa diakali dengan membersihkannya menggunakan Autosol maupun Brastosol (yang biasa saya pakai), pada gambar dibawah adalah contoh autosol yang saya gunakan.
Yang paling berat adalah Nosel memang minta diganti, beberapa kondisi yang mengharuskan penggantian adalah karena nosel cekung (indirect injection), karena retak atau pecah pada ujung body nosel (rata-rata terjadi pada tipe direct injection). Yang terakhir karena nosel sudah benar-benar tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan baik, selalu kencing dan meneteskan bahan bakar mentah.
PLUNGER
Kita harus melihat keadaan plunger terlebih dahulu sebelum memutuskan bagaimana mengatasinya, serta permintaan dari si empunya pastinya. Kenapa harus melihat keadaan plunger terlebih dahulu? Karena ini berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh si empunya, saya selalu berpikir kalau bisa meringankan kenapa tidak digunakan.
Bila keadaan plunger masih bagus belum aus, kita masih bisa mengakali dengan menambahkan solatip di leher silinder (body) plunger. Pasangkan solatip beberapa putaran, ini berfungsi untuk menutup celah yang ada diantara silinder plunger dengan housing pada pompa injeksi. Bisa juga menggunakan ring tembaga tipis yang memang khusus dibuat untuk silinder plunger tetapi agak susah mendapatkan ring ini.
Bila plunger memang sudah aus, satu-satunya jalan harus dilakukan penggantian. Sama halnya dengan plunger yang masih saja mengalami kebocoran solar setelah dilapisi solatip, hal ini bisa dengan mudah diketahui saat dilakukan pengetesan menggunakan testbench, akan terlihat rembesan solar yang mengalir membasahi control sleeve, plunger bahkan spring plunger.
Feed Pump
Jika hanya pistonnya yang aus, cukup menggantinya dengan piston baru atau yang masih bagus, idealnya adalah diganti karena harganya yang masih terjangkau. Jika kerusakan atau keausan sudah sampai pada bagian dalam feed pump maka tidak ada solusi lain kecuali mengganti dengan unit feed pump yang baru.
Beberapa feed pump menggunakan seal pada as pendorong piston, periksa seal tersebut. Jika sudah keras atau malah sudah rusak, ganti dengan yang baru. Saya pernah mengalami hal ini dan kebetulan sekali part penggantinya tidak ada, saya menggunakan seal yang kira-kira sesuai lingkar tengahnya tetapi diameter luar terlalu kecil, maka saya menggunakan plat yang seukuran dan pres pada bagian dalam dengan diameter luar seal. Intinya adalah gunakan akal kita untuk berpikir kreatif.
Seal Shaft Drive
Pada pompa injeksi tipe Ditributor (rotary), hal ini sudah biasa terjadi. Ganti saja dengan yang baru karena seal ini sudah menjadi satu set dengan semua karet packing yang tentu saja akan kita gunakan karena membongkar semua bagian pompa injeksi.
Pada beberapa kasus kerusakan seal diakibatkan oleh bos untuk shaft drive telah aus. paling sering terjadi pada Daihatsu Taft. Bisa diperiksa dengan menggoyang-goyangkan As / Shaft Drive atau menggoyangkan timer jika belum dibongkar dari mesin. Jika ini yang terjadi maka ganti sekaligus bos tersebut (terdapat 2 bos setiap pompa injeksi).
Itulah beberapa cara mengatasi oli mesin tercampur solar yang pastinya disebabkan oleh pompa injeksi dan temannya (nosel). Sedikit kreatifitas bisa sangat membantu dalam melakukan beberapa hal diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu sobat-sobat saya sekalian.
Salam Pintar...
Itulah sedikit Artikel Cara mengatasi oli mesin tercampur solar terbaru dari kami
Semoga artikel Cara mengatasi oli mesin tercampur solar yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Apps Android Games. jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca Artikel Tentang Cara mengatasi oli mesin tercampur solar