Judul: Berbagi Info Seputar Pompa Injeksi Daihatsu Taft Full Update Terbaru
link: Pompa Injeksi Daihatsu Taft
Artikel Terbaru Pompa Injeksi Daihatsu Taft Update Terlengkap 2017
Pada judul saya tuliskan Daihatsu Taft, karena pada dasarnya antara Daihatsu Taft, Rocky dan Delta tak jauh berbeda. Meskipun pada Noselnya ada perbedaan kode tapi bisa saling bertukar pakai, serta rumah Noselpun bentuknya sama saja.
Daihatsu Rocky |
Orang yang hobi adventure pasti kenal dengan 2 mobil ini, Daihatsu Taft dan Daihasu Rocky, selain bodynya yang memang sudah bertampang penjelajah segala medan dengan ukuran roda yang besar, tenaganya memang sesuai untuk medan-medan yang cukup sulit sekalipun, ditambah lagi adanya gardan depan sehingga lebih leluasa untuk melahap daerah yang terlalu susah untuk dilalui mobil biasa.
Di daerah saya, mobil ini selain diminati pecinta offroad adventure. Para pemilik lahan-lahan sawit pun tak mau ketinggalan untuk bisa memiliki kendaraan jenis ini, bahkan beberapa menggunakan Hi Line tipe Pick Up untuk melansir atau memindahkan sawit-sawit panenan mereka dari areal-areal yang sulit keluar menuju truck2 pengangkut yang sudah menunggu di area bebas lumpur.
Alasannya sudah jelas dan pasti, ketangguhan dan perawakannya sangat sesuai untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan lumpur, jalan yang bergelombang, dengan lobang2 yang bak ranjau menghadang. Kalau pakai mobil sekelas Avanza, Xenia maupun Ertiga... siap2 aja nginep akibat nyangkut.
Langsung aja deh ke Inti topik, Pompa Injeksi.
Daihatsu Taft, rocky, Delta ataupun Hi Line, seperti yang saya kemukakan diatas pada dasarnya sama. Untuk keluaran awal-awal Pompa Injeksi masih bertipe In Line dengan sistem pengatur angin, menggunakan Membran / Diaphragm sebagai penggerak as rack plunger.
Diaphragm/Membran |
Mendeteksi kerusakan pada Membran sangatlah mudah, pastikan keempat baut penutup Membran sudah terpasang kuat. Lepaskan selang dari skep manifold (yang menuju tutup membran). Tekan tuas choke (arah mematikan mesin) lalu tutup ujung selang dan lepaskan tuas choke. Jika tidak ada kebocoran maka membran masih bagus, tapi jika terdengar bunyi membran bergerak di dalam tutup itu tandanya membran sudah retak atau sobek.
Diaphragm sobek |
Gejala yang timbul akibat bocarnya membran adalah putaran mesin menjadi ngabur atau tinggi tanpa perlu digas, dan tidak bisa dikecilkan dengan asap putih yang terus menerus keluar dari knalpot.
Untuk menambahkan tenaga, bisa dengan digeser injeksinya untuk merubah timing (saat) pembakaran. Bisa juga dengan menyetel tekanan pada governornya (menambah RPM) dengan menyetel baut di bawah penutup membran.
Sedangkan untuk keluaran-keluaran terbaru, telah menggunakan Pompa Injeksi tipe VE/Distributor.
Pada tipe ini, kerusakan yang sering ditemui adalah mobil/mesin tak bisa hidup tanpa dipompa, dan setelah hidup mesin akan mati dengan sendirinya tak berselang lama. Ini karena mesin hanya hidup dengan mengandalkan bahan bakar yang ada di dalam Pompa Injeksi. Sedangkan Pompa Injeksi sudah tidak bisa menghisap lagi bahan bakar dari tangki yang disebabkan oleh melemahnya fungsi dari Feed Pump.
Feed Pump |
Tetapi sebelum kita memvonis Feed Pump yang belum tentu bersalah (hihihihi...), alangkah baiknya jika kita terlebih dulu memeriksa body Pompa Injeksi, karena ada kemungkinan telah ada kerusakan/aus pada sisi dalam (sisi yang bersinggungan langsung dengan Feed Pump), jika benar ini yang terjadi maka penggantian body adalah langkah yang paling tepat, bila perlu sekalian ganti Feed Pumpnya.
Ada karakter yang berbeda dari Pompa Injeksi tipe VE Daihatsu dengan mesin lain (Toyota dll). Jika kita menambahkan Fuel Load Adjuster agar asap bertambah dan mesin lebih bertenaga, akan ada efek RPM akan turun melambat setelah digas, sedangkan pada mesin lain normalnya akan kembali/turun dengan cepat. Saya sebutkan "normalnya" karena jika pada selain Daihatsu setelah digas kembalinya lambat bisa jadi stelan minyaknya terlalu boros/banyak.
Dan pada suara mesinnya, akan terdengar agak kasar di stasionernya setelah timing pembakarannya dimajukan. seperti halnya Toyota Kijang dan Mitsubishi L300 serta Kuda.
Pada artikel yang lain akan saya tuliskan tentang menurunkan Pompa Injeksi Daihatsu Taft/Rocky dari mesin.
Semoga bermanfaat, dan Salam Pintar...
Itulah sedikit Artikel Pompa Injeksi Daihatsu Taft terbaru dari kami
Semoga artikel Pompa Injeksi Daihatsu Taft yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Apps Android Games. jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca Artikel Tentang Pompa Injeksi Daihatsu Taft